Laman

Senin, 03 Desember 2012

Bunga Pacar Air

   Bunga pacar air atau pacar banyu ini bukan saja herba yang faham akan kebutuhan wanita,tapi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.Di pulau Jawa,bunga pacar air sering digunakan sebagai bunga tabur,selain itu juga sering digunakan sebagai bunga setaman dalam upacara tra disional di Bali.
   Herba pacar air mengandung zat-zat kimia yang dapat difungsikan sebagai obat luar maupun diminum. Salah satu kegunaan pacar air yang menonjol adalah mengobati radang kuku,menempelkan herba pacar air diatas kuku dapat menyehatkan kuku berikut jaringan dibawahnya.
   Dalam ilmu botani,pacar air memiliki banyak nama ilmiah,beberapa sinonimnya antara lain Impatiens cornuta Linn,Impatiens hortensis Desf,Impatiens mutila DC,Impatiens triflora Blanco,Balsamina mutila DC.Bunga pacar air masuk dalam familia Balsaminaceae.
   Dalam pengobatan tradisional China dan India,bunga pacar air merupaka salah satu bahan yang sudah sejak lama digunakan,karena bunga pacar air memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk mem bantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.
   Di Indonesia,bunga pacar air terbukti secara empirik dapat digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi.Berikut ini cara pengolahan bunga pacar air untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi.                                       
- ambil 10 gram bunga pacar air dan 100 gram seledri kecil.
- cuci bersih bahan tersebut,lalu rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
- setelah dingin,saring hasil rebusan lalu diminum.

   Bunga pacar air juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang,kaku leher,kaku pinggang.Cara pengolahannya :
- ambil 15 gram akar bunga pacar air.
- 30 gram akar sawi langit.
- 15 gram jahe merah.
- rebus semua bahan dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300 cc.
- saring hasil rebusan,lalu diminum airnya.
- lakukan 2-3 kali sehari secara teratur. 


Title: Bunga Pacar Air; Written by irfan ilmi; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar