Laman

Senin, 03 Desember 2012

Bunga Matahari


  Bunga matahari mempunyai nama binomial Helianthus annuus Linn,merupakan tanaman semusim dan masuk suku Asteraceae yang popular,baik sabagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak.
  Dalam ilmu botani,bunga matahari diklasifikasi masuk kerajaan Plantae,ordo Asterales,family Astera ceae,upafamili Helianthoideae,bangsa Heliantheae,genus Helianthus,spesies Helianthus annuus Linn.
  Terna semusim ini berasal dari Amerika Tropik bagian utara,tinggi tanamannya bisa mencapai 5 meter, berdaun tunggal,lebar.Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar,tegak dan jarang bercabang.Bunga tersu sun majemuk,terdapat dua tipe.Yakni bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar ber warna kuning cerah dah steril,dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji.
  Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga.Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga.Pada hari yang cerah,tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan matahari.
  Pemanfaatan bunga matahari terutama adalah sebagai sumber minyak,minyak bunga matahari cocok di pakai untuk menggoreng,mengentalkan,serta untuk campuran salad.Dalam setiap 100 gram minyak lemak biji bunga matahari terdapat 9,8 garm lemak jenuh dan 11,7 gram lemak tak jenuh (oleat).Selebihnya terda pat 72,9 gram linoleat dan sisanya tak mengandung kolesterol.
  Bunga matahari bersifat lembut dan berasa netral.Bagian bunga mengandung bahan kimia seperti querci meritrin,asam oleanolat,helinthoside A,B dan C,serta asam echinocystat.Bagian biji bunga matahari me- ngandung bahan kimia seperti B-sitosterol,prostaglandin E,asam kiorogenik,asam quinat, phytin,dan 3,4 benzopyrene.
  Efek farmakologis bunga matahari diantaranya menurunkan tekanan darah,mengurangi rasa nyeri,anti disentri,merangsang pengeluaran cairan tubuh seperti hormon dan enzim,merangsang pengeluaran cam pak,anti radang,anti malaria.Juga sebagai peluruh air seni,pereda batuk,merangsang energi vital ,mene- nangkan liver,serta menghilangkan rasa nyeri waktu buang air kemih.
  Dalam pengobatan tradisional,bunga matahari lazim digunakan untuk mengobati reumatik atau nyeri radang sendi.Caranya rebus kepala bunga matahari atau bagian tengah bunga matahari secukupnya ber sama 15 gram jahe sampai mendidih dan mengental.Setelah dingin,borehkan hasilnya pada bagian yang sakit.


Title: Bunga Matahari; Written by irfan ilmi; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar