Laman

Rabu, 12 Desember 2012

Bunga Rosella

  Menimbang Nilai Lebih Bunga Rosella

  Rosella tumbuh sebagai tanaman perdu,habitatnya adalah kawasan beriklim tropis dan sub-tropis.Perbanya kannya melalui biji atau secara generatif.Rosella tumbuh baik di dataran rendah termasuk kawasan pantai sampai dikawasan setinggi 900 mdpl.Dalam umur 2-3 bulan,rosella sudah mulai berbunga,tapi baru dapat  dipetik bunganya pada umur 5-6 bulan.Setelah dikeluarkan bijinya,biji-biji rosella kemudian dijemur dalam terik matahari untuk dijadikan teh bunga rosella.Dalam satu batang tanaman,dapat menghasilkan 2-3 kg bunga rosella segar.Dan dalam 100 kg bunga rosella basah,dapat menghasilkan 5-6 kg bunga rosella kering.
  Klasifikasi ilmiah dalam ilmu botani,rosella masuk kerajaan Plantae,ordo Malvales,famili Malvaceae,genus Hibiscus,spesies Hibiscus sabdariffa.Bunga rosella memiliki banyak keragaman mulai dari rosella merah,ro  sella putih,dan rosella ungu atau biasa disebut juga dengan rosella hitam karena warnanya yang kehitaman. Sebenarnya ada 300 lebih spesies bunga rosella,namun salah satu yang diyakini memiliki khasiat adalah bunga rosella merah.
  Bunga rosella (Hibiscus sabdariffa Linn) banyak digunakan sebagai obat tradisional yang dapat menurunkan  tekanan darah,menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.Orang biasa nya mengonsumsi bunga rosella dalam bentuk teh,dari semua bagian pada bunga rosella yang paling berkhasiat adalah kelopaknya.
  Kuntum bunga rosella berwarna merah cerah,kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap dan lebih tebal bila dibandingkan dengan bunga kembang sepatu.Bunganya keluar dari ketiak daun dan merupa kan bunga tunggal,yang berarti pada setiap tangkai hanya terdapat satu kuntum bunga.Bunga ini mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu,panjangnya sekitar 1 cm yang pangkalnya saling berlekatan dan berwarna merah.Kelopak bunga ini sering dianggap sebagai bunga oleh orang awam.
  Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C,vitamin A,dan 18 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.Selain itu,bunga rosella juga mengandung protein dan kalsium.
  Bunga rosella juga bermanfaat untuk menjaga stamina,menghambat pertumbuhan sel kanker,membantu proses pencernaan,mencegah peradangan pada saluran kencing dan ginjal.Juga menjadi penyaring racun pada tubuh,menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati dan mengurangi pusing atau migrain.Nilai lebih lainnya dari bunga rosella adalah dapat membantu memulihkan dari ketergantungan obat.Pemberian ekstrak kelopak rosella yang mengandung 9,6 mg anthosianin setiap hari selama 4 minggu,mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captopril 50 mg/hari.
  Rosella terstandar tersebut dibuat dari 10 gr kelopak kering dan 0,52 liter air (Herrera-Arellano,2004).Ter dapat penurunan tekanan darah sitolik sebesar 11,2 persen dan tekanan diastolik sebesar 10,7 persen setelah diberi terapi teh rosella selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi sedang.  






dari berbagai sumber



Title: Bunga Rosella; Written by irfan ilmi; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar