Laman

Sabtu, 08 Desember 2012

Bunga sedap malam,sesedap manfaatnya

Bunga Sedap Malam

  Bunga sedap malam adalah bunga meja yang memiliki aroma khas,putih cerah menawan,cantik dipandang, dan lazim digunakan sebagai bunga hias dalam perhelatan.Selain itu,bunga sedap malam ternyata berguna untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan dan penyakit.Sejak dulu,herbalis menggunakannya sebagai bahan obat tradisional.Aroma sedap malam seharum bunga melati,bahkan lebih khas dan memberi kesan mendalam bagi yang menghirup wanginya.
  Bunga sedap malam bernama binomial Polianthes tuberoso Linn,merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku Agavaceae.Secara lengkap,klasifikasi ilmiahnya adalah masuk kerajaan Plantae,divisi Magnoliophyta, kelas Liliopsida,ordo Asparagales,famili Agavaceae,genus Polianthes,spesies Polianthes tuberose.
  Nama tuberosa menunjukkan bahwa tumbuhan ini memiliki umbi (tuber).Kata polianthes menunjukkan genus tumbuhan ini.Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih,daunnya pan jang  dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.Bagian tanaman ini yang biasa diguna kan untuk obat ialah bunga dan akarnya,keduanya bisa digunakan untuk pengobatan luar dan dalam tubuh. Berikut beberapa macam gangguan kesehatan dan penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan herba bunga sedap malam :
a. Katarak
    Bahannya terdiri bunga sedap malam sekitar 50 kuncup.Cara membuatnya,rebuslah bunga tersebut dengan  menggunakan air bersih sebanyak 1.500 cc (1,5 liter) atau 7,5 gelas sampai mendidih,setelah dingin disaring dan gunakan airnya untuk mencuci mata,lakukan beberapa kali.
    Penyembuhan terhadap katarak dengan menggunakan bahan herbal hanya efektif apabila gangguan masih berada dalam kondisi ringan,untuk katarak yang akut persentasi sembuhnya hanya sekitar 75 persen.Namun pengobatan herbal terhadap katarak dihentikan manakala penyakit tersebut sudah disembuhkan dengan operasi.Gangguan pada mata sehingga menyebabkan pandangan kabur bukan hanya karena katarak,melain kan juga dapat karena efek samping diabetes mellitus.

b. Meningkatkan Stamina
    Bunga sedap malam dapat dijadikan bahan untuk meningkatkan stamina yang sedang ngedrop.Cara meng gunakannya :
                   - ambil 50 kuntum bunga sedap malam.
                   - 50 gram kacang kapri.
                   - 1 butir telur ayam.
                   - 100 gram udang.
                   - 10 gram jahe.
                   - 2 siung bawang putih.
                   - 4 siung bawang merah.
    Tumis semua bahan dengan minyak goreng non-kolesterol secukupnya,tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan,lalu masak sampai matang.Hasilnya dapat dikonsumsi.Lakukan cara ini secara teratur sehingga stamina yang loyo berubah strong atau kuat.

c. Mempertajam penglihatan
    Selain dapat mengobati katarak,bunga sedap malam juga dapat memperbaiki gangguan sistem penglihatan.
Caranya :
            - ambil 30 kuntum bunga sedap malam.
            - 70 gram kacang kapri muda.
            - 100 gram daging ayam.
            - 75 gram wortel.
            - 1 butir telur ayam.
            - 10 gram jahe.
            - 2 siung bawang putih.
            - 4 siung bawang merah.
            - kecap manis dan garam secukupnya.
   Potong-potong daging ayam dan wortel,kemudian siapkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris.Tumis semua bahan dengan minyak goreng non-kolesterol sampai matang.hasilnya dapat dikonsumsi. Lakukan secara teratur.

d. Susah tidur (insomnia)
    Bahan yang digunakan adalah 30 kuntum bunga sedap malam,15 gram kie cie (bisa dibeli ditoko obat China),1-2 buah hati ayam,2 siung bawang putih,4 siung bawang merah,10 gram jahe,merica,garam dan kecap secukupnya.Tumis semua bahan dengan minyak goreng non-kolesterol secukupnya,tambahkan tepung tapioka yang telah diencerkan secukupnya.Masak sampai matang,dan hasilnya dapat dikonsumsi.

e. Mengatasi rematik
    Bahannya terdiri dari 30 gram akar bunga sedap malam,20 gram jahe merah,gula merah secukupnya.Re bus semua bahan dengan air sebanyak 400 cc hingga mendidih,saring dan bagi dua bagian untuk diminum dua kali sehari.




 














Title: Bunga sedap malam,sesedap manfaatnya; Written by irfan ilmi; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar